Sabtu, 06 Oktober 2012

Sidoarjo Kustom kruiser

Sedih melihat asap kendaraan bermotor yang mencemari lingkungan, sekelompok anak muda ini memilih untuk mengambil aksi berani. Kepedulian atas dampak global warming melecut semangat mereka untuk membentuk komunitas pecinta sepeda, Sidoarjo Kustom Kruiser (SKK). Berbeda dari komunitas-komunitas sepeda lainnya, SKK meletakkan basis komunitasnya pada sepeda kruiser, sepeda jadul yang berjaya di era 1920-an.

    SKK dibentuk pada tahun 2006, berlandaskan iseng-iseng lantaran mereka merasa perlu melakukan sesuatu untuk lingkungan. Berawal dari delapan anggota saja, kini SKK udah berhasil merangkul sekitar dua puluh lima orang anggota. Hebat! Serunya lagi, komunitas ini juga hobi utak-atik sepeda mereka, mulai dari cuma sekedar main custom sampai modifikasi.

    Ketika dijumpai di salah satu pameran komunitas di Surabaya, tema custom kruiser mereka adalah animal printing. Alhasil, seluruh sepeda didesain unik dengan motif-motif imitasi kulit binatang, ada motif leopard sampai anjing dalmatians yang cute. Bentuk sepedanya, jangan ditanya. Setiap anggota punya taste of style sendiri-sendiri, jadi Kanca Muda nggak bakalan nemu sepeeda yang identik. Semuanya unik!

    Sekali custom, biaya yang dibutuhkan biasanya berkisar antara 2-3 juta. Buat anggota yang pengen banget modif atau custom sepeda tapi nggak punya duit, jangan khawatir. Komunitas siap membantu dengan sumbangan dana dan tenaga. Nah, kalau kamu pengen gabung tapi nggak punya sepeda kruiser, nggak perlu khawatir juga. Sebab, SKK tetap terbuka lebar buat siapa aja. Totally cool!

    “Intinya, kita pengen anak muda nggak malu kalau pakai sepeda. Dengan adanya kegiatan modif dan custom, harapannya sih anak-anak muda bisa tetep bangga meskipun tunggangannya cuma sepeda. Masih bisa gaya, kok.” ujar Aditya, salah satu anggota SKK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar